Aspek yang Terkandung dalam Sebuah Teater

Stan   April 18, 2018   Comments Off on Aspek yang Terkandung dalam Sebuah Teater

Teater jadi salah satu materi yang akan Anda temukan dalam soal seni budaya kelas 10 semester 1 kurikulum 2013. Bahkan ketika sudah di pertemuan akhir, masing-masing siswa harus menunjukkan bakat teaternya di depan kawan-kawan lain. Sebelum mulai menampilkan teater, ada yang harus disiapkan dahulu terkait aspek-aspeknya. Jadi dalam bermain teater tidak hanya asal-asalan, melainkan harus memperhatikan aspek agar menarik penontonnya.

Aspek Penting dalam Teater yang Perlu Diperhatikan

Aspek pertama adalah naskah dan lakon. Di sini yang dimaksud lakon tidak hanya pemain teaternya, akan tetapi sutradara dan kreatornya. Kedua pemeran tersebut menjadi sangat penting untuk kelancaran teater di atas panggung. Begitu pula dengan naskah di dalam teater, naskah jadi poin penting karena nantinya akan menjadi bahan pertunjukan di depan penontonnya. Aspek kedua adalah jalan dan alur cerita. Jalan cerita merupakan rangkaian dalam cerita teater. Di dalamnya akan ada sebab dan akibat, sehingga muncul sisi menarik untuk ditonton.

Kemudian untuk alur pun sering ditanyakan dalam soal seni budaya kelas 10 semester 1 kurikulum 2013. Pasalnya dalam teater terdapat sejumlah alur, seperti alur maju dan juga alur mundur. Alur yang maju itu akan memperlihatkan cerita yang mengalir. Kemudian untuk alur mundur akan memperlihatkan cerita yang berjalan, yaitu cerita flashback atau masa lalu. Ketika teater menceritakan tentang masa lalu, itu namanya alur mundur.

Aspek ketiga, tema. Tema merupakan pokok pikiran, di dalam tema sendiri ada sejumlah unsur pokok. Unsur-unsur tersebut berupa gagasan, masalah dan juga pesan yang nantinya akan disampaikan oleh pengarang teater. Untuk tema teater ada beragam pilihan, seperti ekonomi, sosial, politik, ideology, budaya, keagamaan, pahlawan dan sebagainya. Aspek keempat, setting atau latar tempat. Setting dalam teater ada beragam pilihannya, mulai dari rumah, sekolah, kantor, hutan, jalan dan sebagainya.

Aspek ketujuh adalah point of view. Setiap pelakon pasti akan libatkan sudut pandang pengarangnya. Sehingga hasil teaternya lebih menarik ketika sudah dibawakan oleh lakonnya. Aspek kedelapan, pelaku seni. Agar teater lebih menarik, hendaknya gunakan lakon seni yang berkualitas. Sehingga mereka akan memerankan dengan lebih baik. Aspek terakhir adalah pentas.  Pentas adalah pergelaran seni yang ditonton masyarakat. Agar pentasnya menarik, buatlah pagelaran yang menarik dan meriah. Demikian salah satu materi soal seni budaya kelas 10 semester 1 kurikulum 2013 terkait teater.