Bentuk Penyempurnaan dalam Ibadah

Stan   May 24, 2018   Comments Off on Bentuk Penyempurnaan dalam Ibadah

Melaksanakan ibadah memang haruslah sesuai dengan tuntunan dan ketentuan yang berlaku agar kita bisa mendapatkan pahala yang berlimpah, dan juga agar ibadah kita sempurna di mata ALLAH. Sebagai seorang Muslim, kita sudah diajarkan sejak dini tentang 5 rukun Islam. Seperti membaca syahadat, melaksanakan sholat 5 waktu, membayar zakat pada waktu yang ditentukan, melaksanakan puasa Ramadhan selama sebulan penuh, dan yang terakhir melaksanakan Haji bagi yang mampu. Namun, saat ini daftar tunggu Haji sangatlah panjang, maka tak sedikit orang yang membayar paket umroh sambil menunggu giliran mereka berangkat Haji.

Sudah sejak lama Umroh telah menjadi tren ibadah yang banyak dilaksanakan, dan belakangan ini semakin banyak diminati. Hal tersebut bisa nampak dari semakin banyaknya biro Haji dan Umroh yang berdiri dan selalu memiliki penawaran paket Haji dan Umroh dengan harga yang secara umum lebih murah.

Beribadah Hanya untuk Keridhoan ALLAH

Dasar hukum dari pelaksanaan Haji dan Umroh adalah berdasarkan firman ALLAH dalam surat Al-Baqarah ayat 196, yaitu “Sempurnakanlah ibadah Haji dan Umroh karena ALLAH”. Kemudian diperkuat dengan Hadist Rasulullah yang menyatakan “Ibadah Umroh dari satu Umroh dan yang berikutnya adalah sebagai penghapus dosa”. Melihat keutamaan melaksanakan Umroh, maka tak heran jika banyak orang yang kini semakin banyak berbondong-bondong membeli paket umroh.

Secara harga, sebenarnya umumnya tak semua orang mampu untuk membayarnya. Hanya orang dengan kemampuan ekonomi kelas menengah ke atas yang mampu untuk membayarnya. Akan tetapi banyak juga contoh nyata, ketika suatu niat dan tekad yang tulus ikhlas serta hanya mengharap ridho ALLAH, maka orang yang secara lahiriyah tak mampu membayar perjalanan Umroh akan diberikan jalan oleh ALLAH untuk menjadi tamu-NYA.

Sudah banyak cerita dimana orang dengan rezeki yang lebih bersedekah dengan cara membelikan paket umroh kepada orang terdekat yang belum mampu membelinya. Ini adalah suatu bentuk ibadah yang bernilai tinggi di mata ALLAH, karena selain dia sendiri melaksanakan Umroh untuk mendapatkan ridho ALLAH, dia juga bersedekah dengan jumlah yang besar untuk ibadah yang mulia. Masya ALLAH.

Related posts: