Dilema Memilih Hutan Atau Kebun Kelapa Sawit

Stan   February 25, 2018   Comments Off on Dilema Memilih Hutan Atau Kebun Kelapa Sawit

Hutan merupakan paru-paru dunia yang menghasilkan oksigen untuk bernapas manusia dan hewan. Berkurangnya jumlah luas hutan tentu saja akan menurunkan tingkat oksigen bersih di dalam bumi. Saat ini saja di perkotaan sangat sulit dijumpai udara bersih. Perusahaan kelapa sawit seperti PT Triputra Agro Persada menjadi sala satu pelaku berkurangnya luas hutan di Indonesia karena mereka mengubahnya menjadi perkebunan kelapa sawit.

Kebimbangan Memilih Hutan atau Kebun Kelapa Sawit

Apa yang dilakukan oleh PT Triputra Agro Persada merupakan salah satu contoh kecil dari pengalihan fungsi hutan menjadi lahan perkebunan. Apa yang dilakukan perusahaan tersebut juga sudah legal dimata hukum karena memang sudah mendapatkan ijin bisnis. Jika dilihat sekilas, pengalihan fungsi hutan menjadi lahan perkebunan memang mengenaskan karena mengambil banyak bagian hutan hanya untuk menanam kelapa sawit. Begitu banyak perubahan yang terjadi pada ekosistem hutan setelah diubah secara paksa menjadi lahan perkebunan.

Berbagai satwa kehilangan tempat tinggal mereka, hilangnya ratusan bahkan ribuan pohon yang bisa memberikan oksigen bersih untuk kita. Dan ada banyak kerugian lainnya yang tentunya akan dirasakan kembali oleh masyarakat sekitar. Belum lagi bencana yang mungkin saja akan terjadi karena hilangnya hutan. Seperti yang kita tahu bahwa membuka lahan dan menumbuhkan pohon kelapa sawit tentu saja membutuhkan waktu paling tidak 3 tahun.

Namun jika melihat dari segi ekonomi, membuka hutan untuk perkebunan kelapa sawit merupakan salah satu cara untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan Negara. Harga jual minyak kelapa sawit dipasar internasional sangat menjanjikan dan menguntungkan. Belum lagi jika melihat kebutuhan masyarakat yang tinggi terhadap minyak kelapa. Bukan hanya dari segi kuliner, minyak kelapa sawit juga digunakan untuk kecantikan dan kesehatan.

Lebih dari itu, penghasilan dari penjualan minyak kelapa sawit memberikan pemasukan devisa paling besar dari sektor perkebunan. Maka tak mengherankan jika Indonesia memiliki kebun minyak kelapa sawit terluas di dunia. Belum lagi perekonomian masyarakat sekitar yang sedikit terbantu dengan adanya perusahaan kelapa sawit tersebut seperti PT Triputra Agro Persada.

Related posts: